SMKN 1 GRUJUGAN PENTASKAN KEARIFAN LOKAL

Diposting pada: 2019-02-13, oleh : Daris CInta Aswaja, Kategori: Kegiatan Siswa

Halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Grujugan tampak berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Panggung terbuka telah disiapkan dengan sederhana, para siswa/i bergerombol antusias memadati halaman sekolah. Sebanyak 16 kelompok siswa dan siswi kelas XII SMKN 1 Grujugan membawakan berbagai jenis tarian tradisional Bondowoso dan atraksi Singo Ulung tersaji gegap gempita dalam Pentas Seni yang berlangsung di halaman sekolah, Rabu (13/2/2019).

Kepala SMKN 1 Grujugan, Bambang Sutjipto dalam sambutan pembukanya menyampaiakan bahwa kegiatan pentas seni ini murni sebagai wujud komitmen sekolah menjaga kearifan lokal Bondowoso sebagai energi perekat NKRI. “Dengan terus berupaya menjaga tradisi kearifan lokal ini adalah wujud nyata Hubbul Wathon Minal Iman, cinta tanah air adalah sebagian dari Iman” tegas Gus Bambang dalam sambutannya.yang disambut tepuk tangan siswa dan dewan guru.

Sementara itu, Ike Daru Diahayuningrum, guru seni budaya menjelaskan bahwa Pentas Seni dalam rangka ujian praktik Seni Budaya kelas XII SMKN 1 Grujugan tahun ajaran 2018/2019. “Kegiatan ini selain sebagai bentuk ujian praktek mata pelajaran seni budaya, juga sebagai bentuk implementasi visi misi sekolah untuk terus merawat tradisi leluhur dan menjaga kearifan lokal Bondowoso” terang Ike disela-sela penilaian.

Pada penampilan lainnya, Hafidz sebagai koordinator atraksi singo ulung mengungkapkan perasaan bahagia bisa maksimal melakukan atraksi singo ulung dipadukan dengan tarian molong kopi selama 20 menit dengan sempurna. “Alhamdulilah mas, bisa bermain kompak dengan kelompok saya, seneng sekali bisa memainkan Singo Ulung yang merupakan pengaman perdana saya” jelas Hafidz dengan semangat.

Acara pentas seni ditutup secara simbolis oleh kepala SMKN 1 Grujugan yang sebelumnya dilakukan pembagian hadiah untuk penampilan terbaik 1, 2, dan 3. Kelompok penampil lainnya yang tidak beruntung juga mendapatkan apresiasi hadiah menarik dari sekolah. (DCA)  


 


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id
87704 Total Hits Halaman
53681 Total Pengunjung
124 Hits Hari Ini
88 Pengunjung Hari Ini
1 Pengunjung Online
al-quran-on-line-smk-negeri-1-grujugan

Quran Surat Al Fatihah 1 : 2

2. Segala puji [2] bagi Allah, Tuhan semesta alam. [3] [2] Alhamdu (segala puji). Memuji orang adalah karena perbuatan- nya yang baik yang dikerjakannya dengan kemauan sendiri. Maka memuji Allah berrati: menyanjung-Nya karena perbuatanNya yang baik. Lain halnya dengan syukur yang berarti: mengakui keutamaan seseorang terhadap ni'mat yang diberikannya. Kita menghadapkan segala puji bagi Allah ialah karena Allah sumber dari segala kebaikan yang patut dipuji. [3] Rabb (Tuhan) berarti: Tuhan yang ditaati Yang Memiliki, Mendidik dan Memelihara. Lafadz ”rabb” tidak dapat dipakai selain untuk Tuhan, kecuali kalau ada sambungannya, seperti rabbul bait (tuan rumah). 'Alamiin (semesta alam): semua yang diciptakan Tuhan yang terdiri dari berbagai jenis dan macam, seperti: alam manusia,alam hewan, alam tumbuh-tumbuhan, benda-benda mati dan sebagainya. ALlah pencipta semua alam-alam itu.

Baca Surat » Al Fatihah »